Ayung river Rafting Bali: Wisata Arung Jeram Bagi Pemula

Olah raga rafting kini memang sudah dikenal oleh masyarakat modern, terlebih bagi mereka yang menyukai sebuah tantangan dan menguji adrenalin untuk menaklukkan alam. Ayung river rafting Bali merupakan salah satu pilihan wisata petualangan yang tersohor di Pulau Dewata Bali. Seseorang yang memiliki hobi melawan berbagai jenis tantangan tentu akan merasa tertarik pada olah raga yang satu ini. Derasnya sungai yang mengalir dan juga air terjun yang menantang akan membuat semangat kian membara dalam diri peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Akan tetapi tak hanya itu, wisata petualangan ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang begitu alami, sehingga membuat perjalanan liburan terasa lebih menyenangkan. Liburan yang dilakukan bersama keluarga maupun teman-teman tentu akan mempererat jalinan persaudaraan. Namun, bukan hanya kebersamaan yang didapat, melainkan juga kekompakan dan kerjasama tim yang sangat dibutuhkan dalam rafting. Sensasi yang dirasakan oleh wisatawan pada saat permainan rafting merupakan hal luar biasa yang tak bisa dilontarkan melalui kata-kata.

Sensasi Seru Ayung river rafting Bali

Ayung river rafting Bali merupakan permainan yang sangat dinikmati oleh para wisatawan penyuka tantangan alam sebagai alternatif liburan yang lebih menarik dibanding hanya sekedar berjalan-jalan di Pantai. Misteri olah raga ini juga mampu membuat wisatawan berdecak kagum dan membuat jantung dan denyut nadi mereka bergerak begitu cepat. Maka dari itu, rafting memang patut untuk dicoba bagi mereka yang memang ingin mengukur serta menguji seberapa tangguh adrenalin yang mereka miliki.

Sungai Ayung, yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Dewata ini, sendiri tak hanya mempunyai 1 jeram saja, melainkan beberapa pilihan jeram yang bisa wisatawan pilih sesuai dengan tantangan yang ingin ditaklukkan. Peserta rafting biasanya akan menempuh waktu permainan sekitar 2 jam, dengan site sepanjang kira-kira 12 km. Suasana alam yang begitu alami berpadu dengan derasnya aliran sungai juga akan memberikan sensasi tersendiri.

Selain itu, beberapa air terjun kecil juga telah disuguhkan oleh alam untuk dijadikan pengabadian moment serta berguna untuk menambah serunya aktivitas rafting. Instruktur yang telah berpengalaman turut mendampingi jalannya permainan rafting, peserta akan merasa lebih aman dan nyaman. Produsen yang menyediakan olah raga rafting ini juga selalu memiliki beberapa tim guna melayani para wisatawan macanegara maupun domestik. Dengan demikian, anda tak perlu merasa khawatir jika terdapat kendala, karena tim yang sudah professional akan selalu siaga dalam mengawasi jalannya permainan.

Ayung-rafting-Bali
Foto: Ayung river Rafting Bali

Ayung river rafting Bali sendiri terkenal sebagai lokasi rafting yang paling tua, terbaik dan juga terfavorit jika dibandingkan dengan tempat lainnya. Lokasi ini terletak tepat di bagian sebelah Barat wilayah Ubud atau timur Desa Canangsari. Untuk berkunjung ke Sungai Ayung, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit dari Kuta ataupun Hutan Kera Sangeh. Daerah ini juga mudah diakses dari lokasi wisata favorit lainnya seperti Jimbaran, Sanur, dan Nusa Dua. Bagi keluarga yang ingin memboyong seluruh keluarga juga tak perlu panik akan derasnya sungai, karena medan tempur Sungai Ayung hanya mencapai Level 2 sehingga sesuai untuk pemula dan anak-anak.

Tips Aman Arung Jeram di Sungai Ayung

Kegiatan arung jeram memang merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi siapa saja, namun setiap pengelola usaha rafting yang berada di wilayah Ubud ini memiliki ketentuan yang berbeda-beda bagi setiap peserta. Secara umum, peserta yang diperbolehkan ikut bermain setidaknya harus berusia minimal 6 tahun dan maksimal 65 tahun. Pasalnya, olah raga petualangan ini membutuhkan stamina yang cukup untuk menempuh sungai sepanjang 12 kilometer dengan tantangan yang bervariasi dalam waktu 2 jam.

Sebenarnya, ada enam titik yang bisa anda pilih untuk memulai kegiatan arung Jeram, yakni di Desa Petang yang terletak di wilayah utara dan di Desa Carangsari yang terletak di wilayah selatan. Berikut adalah beberapa tips aman untuk melakukan wisata rafting di Sungai Ayung, Ubud Bali.

  • Pastikan anda mendapatkan pengarahan yang cukup dari instruktur, dan didampingi instruktur berpengalaman selama bertualang di atas air
  • Pastikan perlengkapan yang anda peroleh, seperti helm, sandal sungai, atau pelampung dalam kondisi baik.
  • Lakukan pemanasan agar tubuh tidak kaku
  • Pastikan penumpang boat tidak lebih dari lima orang
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti, sepatu olah raga, sunscreen, dan kamera untuk mengabadikan momen-momen berkesan atau pemandangan alam berjuta pesona di sepanjang aliran sungai.
  • Jangan lupa membawa cadangan uang untuk membeli makanan kecil atau souvenir menarik sebagai kenangan-kenangan wisata petualangan anda di Pulau Bali.

Jalur Sungai Ayung juga memiliki trek yang dihiasi banyak ukiran bebatuan tebing. Batuan tersebut berasal dari karya para seniman Ubud dan panjangnya bisa mencapai puluhan meter. Perpaduan antara alam dan keceriaan menyatu dalam suasana yang tak dapat terlupakan. Jadi, jika ingin merasakan sisi lain dari wisata Pulau Dewata, Ayung Rafting dapat menjadi alternatifnya. Anda tidak perlu menunggu musim atau bulan tertentu untuk menikmati wisata petualangan ini, karena Ayung river rafting Bali tersedia sepanjang tahun. Wisata ini juga cocok untuk liburan weekend, karena rutenya yang pendek dan bisa dilalui dalam waktu setengah hari saja.

Ayung river rafting Bali
Foto: Ayung river Rafting Bali

Untuk booking Ayung rafting, silakan hubungi kami di 0361-2198880 / 081339633454 / email: sales@watersportBali.co.id

Click to rate this post!
(2 suara)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.