Tanjung Benoa Bali, desa Tangguh bencana

Sekilas info seputar kawasan Tanjung Benoa Bali yang sebelumnya berstatus Desa Siaga Bencana, tetapi sekarang sudah ditetapkan menjadi Desa Tangguh Bencana. 😀 Kabar ini kami kutip di media online Jaringnews.com.

berikut beritanya:

Sebagai wilayah yang rawan bencana, Tanjung Benoa dan Kuta ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana. Ini didasari atas kesiapan wilayah ini dalam menangani bencana.

“Kami dari Kelurahan Tanjung Benoa sudah ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana. Sebelumnya berstatus Desa Siaga Bencana, tetapi sekarang sudah ditetapkan menjadi Desa Tangguh Bencana,” kata Lurah Tanjung Benoa, I Wayan Kembar saat ikut persiapan gladi posko bencana di Tanjung Benoa, Nusa Dua, Minggu kemarin (2/12).

Untuk Kelurahan Tanjung Benoa sendiri, unsur yang dilibatkan adalah perangkat desa dan warga yang bersedia sebagai relawan.

“Pecalang dan unsur masyarakat terlibat. Mereka yang bersedia jadi relawan sekitar 100 orang. Nanti tanggal 7 Desember akan dilakukan gladi posko. Tugas mereka nantinya yaitu siap bertugas jika terjadi bencana ataupun tsunami,” tambahnya.

Tanjung Benoa yang merupakan daerah pesisir pantai yang tidak memiliki bukit atau gunung harus bisa mengantisipasi bencana. Untuk itu, dilakukan MoU dengan pihak hotel yang ada di Tanjung Benoa.

“Kami sudah lakukan MoU dengan 7 hotel dan 2 apartemen di sini. Apabila benar terjadi bencana tsunami maka pihak hotel bersedia dijadikan tempat evakuasi. MoU ini sudah sejak 2009 lalu,” ujarnya.

Sebagai daerah yang potensi bencana baik gempa bumi dan tsunami, pemerintah menetapkan bahwa Tanjung Benoa dijadika posko penanggulangan bencana wilayah Bali Selatan, termasuk kawasan Kuta dan Jimbaran. (http://jaringnews.com/politik-peristiwa/umum/28962/tanjung-benoa-dan-kuta-ditetapkan-jadi-desa-tangguh-bencana)

Click to rate this post!
(0 suara)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x