Memanjakan Diri di Deretan Objek Wisata Pemandian Air Panas Bali

Wisata alam yang ada di Bali memang tidak perlu diragukan lagi. Salah satu bentuk wisata alam yang bisa dinikmati adalah pemandian air panas. Karena sifatnya yang alami, jelas saja banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Misalnya saja memberikan relaksasi dan juga menyembuhkan penyakit kulit. Oleh sebab itulah, berlibur ke Bali akan terasa sangat komplit dengan berkunjung ke sini.

Sebenarnya, terdapat berbagai macam pilihan tempat pemandian air panas di Bali. Semua punya keistimewaan masing-masing. Dari segi fasilitas dan nuansa tempat misalnya, tinggal disesuaikan saja dengan selera. Memboyong satu keluarga ke pemandian juga tentu menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Keseruan akan tercipta dengan mandi-mandi bersama yang dilakukan.

Deretan Objek Wisata Pemandian Air Panas yang Ada di Bali

Air Panas Penatahan

Lokasi pemandian pertama yang bisa dikunjungi adalah air panas Penatahan. Lokasinya ada di Desa Penatahan, Tabanan. Jika dilihat secara lebih persisnya, ada di tepian sungai Yeh Ho. Adapun sumber airnya berasal dari Pura Yeh Panas. Ada delapan kolam yang diatas ada 4 dan selebihnya berada di bawah. Selain bisa merasakan segarnya udara, pengunjung juga bisa menikmati hijaunya persawahan.

Air Panas Banjar

Selanjutnya ada air panas Banjar. Lokasinya sendiri berada di Desa Banjar, Buleleng. Ada tiga kolam air panas yang tersedia disini. Adapun satu kolam diantaranya berada pada tingkat atas dengan lebar 1,5 meter dan panjang 12 meter serta kedalamannya satu meter. Di tempat ini, pengunjung bisa merasakan sensasi mandi air panas langsung dari 8 pancuran.

Untuk kolam yang kedua, posisinya berada di bawah kolam pertama. Panjang kolam kedua ini sekitar 12 meter dan lebar 10 meter. Kolam ini pulalah yang menjadi  kolam terluas dan di pemandian air panas Banjar. Para pengunjung bisa menikmati sensasi berendam di kolam yang luas.

Satu lagi, ada kolam yang ketiga. Ia terpisah dari kedua kolam lain yaitu kolam satu dan kolam dua. Di kolam tiga ini  terdapat pancuran dengan tinggi tiga meter dan airnya tidaklah dalam. Pengunjung biasanya menggunakan air yang mengucur dari pancuran guna memijit punggung belakang mereka.

Air Panas Angseri

Lokasi pemandian air panas ini ada diantara hutan bamu yang ada di Kecamatan Baturiti, Tabanan. Pengunjung yang ingin mencapai tempat ini diharuskan berjalan kaki sejauh tiga ratus meter. Pemandangan indah yang bisa dilihat oleh para pengunjung adalah area persawahan beserta terasering yang memukau. Semua bisa dinikmati ketika berendam.

Air panas Angseri ini dipercaya punya khasiat menyembuhkan penyakit kulit dan terapi mata. Suhu air panas yang ada di Angseri ini ada pda rentang 46 derajat Celcius. Tentu saja dengan suhu demikian cocok untuk dijadikan air berendam yang merelaksasi semua bagian tubuh.

Di kolam dewasa, terdapat air terjun kecil yang airnya mengandung belerang. Bukan hanya itu, ada fasilitas bilik berendam khusus untuk pribadi, maksimal sebanyak 5 orang per-biliknya.

Jadi, bagi para pengunjung yang ingin berendam secara khusus dengan keluarga, bisa menggunakan bilik ini. Sumber Air Panas Angseri ini sendiri berada kurang lebih 40 kilometer dari Denpasar dan kurang lebih 20 kilometer dari Tabanan.

Batur Natural Hot Spring

Selanjutnya ada Batur Natural Hot Spring. Lokasi pemandian ini tepat di kaki gunung Batur dan lebih tepatnya lagi di Toya Bungkah. Pengunjung yang datang tentu bisa merasakan sensasi relaksasi ketika berendam di air panas ini.

Lebih indahnya lagi, pengunjung yang datang bisa menikmati panorama indah yang berlatarkan gunung Batur dan danaunya. Sebagaimana khasiat hot spring pada umumnya, Batur Natural juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit.

Air Sanih

Perlu diketahui bahwa meskipun lokasi pemandian yang satu ini berada dekat dengan pantai Sanih Buleleng, tetapi airnya tidaklah asin. Konon, sumber airnya berasal dari sungai bawah tanah yang asalnya dari gunung Batur. Bagi yang membawa anak-anak, telah tersedia kolam khusus anak-anak dan juga kolam untuk dewasa. Pemandangan yang di tempat ini juga sangat indah.

Selain bisa memberikan terapi air panas yang menenangkan serta melunturkan kepenatan selama ini, pemandangan yang ada di sekitar Air Sanih juga tidak kalah keren karena para pengunjung yang sedang berendam disuguhkan dengan pemandangan lautan lepas yang memukau. Selain itu, pemandangan alam yang asri penuh kehijauan tumbuh-tumbuhan berpadu apik dengan pemandangan lautan tadi.

Air Panas Belelulang

Selanjutnya bisa mengunjungi air panas Belelulang. Kolam yang ada disini bersumber dari Pura Beji adapun khasnya ialah tidak beraroma belerang. Kandungan mineral air panas yang ada di Belelulang ini dipercaya tinggi dan bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Untuk lokasinya sendiri ada di Desa Mangesta, Tabanan. Sebab ia berada di area persawahan, maka pengunjung harus berjalan kaki sekitar 200 meter dari lokasi parkiran. Tentu saja sambil melihat-lihat pemandangan yang begitu indah di sekitar lokasi pemandian.

Click to rate this post!
(3 suara)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.