Pantai Lovina, Salah Satu Tempat Terbaik Menyaksikan Atraksi Lumba-Lumba

Saat seseorang mendengar kata Bali, destinasi wisata yang langsung terbayang biasanya adalah Pantai Kuta. Hal tersebut memang tidak salah karena dari dulu Pantai Kuta adalah salah satu ikon wisata di Pulau Dewata ini. Hanya saja, pantai cantik yang ada di Bali tidak hanya Pantai Kuta saja. Tetapi masih banyak pantai yang lainnya. Salah satunya bernama Pantai Lovina yang terdapat di Bali Utara.

Pantai Lovina, Salah Satu Tempat Terbaik Menyaksikan Atraksi Lumba-Lumba 1

Tepatnya adalah di Desa Kalibukbuk, sekitar 10 km jauhnya dari Kota Singaraja. Sedikit berbeda dengan beberapa pantai lain di daerah Bali yang ombaknya cukup besar, ombak yang dimiliki oleh Pantai Lovina ini cukup tenang sehingga Anda bisa melakukan banyak hal dengan tenang pula di sini. Memang apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Lovina? Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Lovina

Menyaksikan Atraksi Lumba-Lumba Liar

Pernahkah Anda melihat secara langsung ikan lumba-lumba beratraksi? Ataukah Anda hanya melihatnya melalui layar televisi? Di pantai ini, Anda bisa menyaksikan atraksi ikan lumba-lumba tersebut secara langsung. Dan sebenarnya ikan lumba-lumba inilah yang menjadi daya tarik utama Pantai Lovina.

Pantai Lovina menjadi tempat bagi para hewan cerdas tersebut untuk hidup dengan bebas. Bahkan keberadaan mereka yang mampu menyedot perhatian wisatawan ini juga telah membuat pemerintah setempat melindunginya. Makanya tidak ada yang berani menangkap serta menjualnya.

Untuk bisa menikmati atraksi ikan lumba-lumba tersebut, tentunya Anda harus datang ke tengah laut terlebih dahulu. Anda bisa menyewa sebuah perahu yang memang khusus dan sengaja disediakan oleh pihak pengelola untuk tujuan yang satu ini. Idealnya, satu perahu tersebut mampu menampung sebanyak 4 orang hingga 5 orang. Lihat: Harga sewa perahu di Lovina

Pun demikian, jika memang Anda berniat untuk menyaksikan para lumba-lumba tersebut di habitat aslinya, Anda tidak bisa datang secara sembarangan. Pasalnya, lumba-lumba ini hanya akan menunjukkan dirinya pada waktu tertentu saja, yakni pagi hari sekitar jam 06.00 – 09.00.

Jadi, sebaiknya Anda datang lebih awal saja supaya tidak ketinggalan momen spesial yang satu ini. Adapun waktu yang direkomendasikan untuk Anda datang ke sini adalah saat musim kemarau yang biasanya berlangsung sekitar bulan April hingga bulan Oktober.

Namun sebelum berangkat Anda pastikan dulu untuk tidak datang saat high season atau peak season saja ya. Karena pada dua musim tersebut Pantai Lovina bisa penuh sesak oleh wisatawan lain. Bisa-bisa Anda tidak mendapat perahu untuk disewa.

Cek: Biaya melihat lumba-lumba Lovina

Lebih amannya sebaiknya Anda datang saat low season saja supaya peluang Anda untuk bisa menyaksikan para lumba-lumba itu beraksi semakin besar. Tidak masalah kan Anda mengajukan cuti sementara demi bisa menikmati momen spesial ini? Apalagi jika perjalanan yang dimaksud Anda lakukan bersama dengan keluarga.

Menyaksikan Sunrise

Faktanya Pantai Lovina tidak hanya menjadi salah satu tempat terbaik untuk Anda bisa menyaksikan ikan lumba-luma, tetapi juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk Anda menyaksikan sunrise. Dan sunrise khas milik Pantai Lovina ini sebaiknya tidak Anda lewatkan karena panoramanya sangatlah cantik.

Waktu sunrise terbaik di Pantai Lovina ini adalah sekitar pukul 05.30 sampai dengan pukul 06.00. Tak ada salahnya Anda datang pada jam tersebut meskipun tujuan Anda datang ke pantai ini hanyalah untuk menyaksikan ikan lumba-lumba saja.

Jika Anda datang pada jam 05.30 seperti ini atau bahkan sebelumnya, Anda bisa bersantai sejenak di tepi Pantai Lovina. Bahkan jika Anda beruntung, pada jam-jam seperti ini terkadang lumba-lumba tersebut sudah mulai muncul. Jadi, ingatlah untuk selalu mengkondisikan kamera Anda agar selalu siaga sehingga Anda tidak kehilangan momen yang pas untuk diabadikan dalam bentuk foto.

Menikmati Pemandangan Bawah Laut

Selain dua kegiatan yang ada di atas, masih ada kegiatan lain yang bisa Anda lakukan saat berada di Pantai Lovina, yaitu menikmati pemandangan bawah laut dengan cara snorkeling.

Ada beberapa spot snorkeling yang bagus di Pantai Lovina ini. Koralnya masih bagus dan bisa dikategorikan sebagai koral yang belum mengalami pencemaran. Tidak lupa pula ada beragam ikan yang cantik yang selalu berenang kesana kemari. Kalaupun Anda masih berstatus pemula dalam hal snorkeling, tidak perlu khawatir karena di sini juga terdapat pemandu yang selalu siap membantu Anda.

Tidak punya alat snorkeling atau sebenarnya punya tapi lupa membawanya? Jangan khawatir juga, karena di sekitar pantai ini ada banyak tempat persewaan alat snorkeling yang bisa Anda tuju.

Memancing di Tengah Laut

Kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan untuk dilakukan di Pantai Lovina ialah memancing di tengah laut. Karena posisinya di tengah laut, sudah pasti Anda harus menuju ke tengah laut terlebih dahulu untuk melakukannya. Sama seperti ketika Anda hendak melihat lumba-lumba beratraksi dari dekat, Anda juga perlu menyewa perahu untuk bisa memancing di tengah laut ini.

Click to rate this post!
(1 suara)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x