5 Destinasi Fauna di Bali untuk Wisata Edukasi

Apa yang paling Anda ingat dari kunjungan ke kebun binatang? Mungkin saja ketika itu Anda sedang melakukan wisata kantor, atau tamasya keluarga. Biasanya, jalan-jalan ke kebun binatang memang lebih seru bagi anak-anak. Namun, kunjungan ke kebun binatang juga tidak kalah seru, lho, bagi orang dewasa.

5 Destinasi Fauna di Bali untuk Wisata Edukasi 1

Sebab, sebagai tujuan wisata edukasi, destinasi fauna menawarkan hiburan serta wawasan mengenai dunia hewan, tanpa mengenal usia. Nah, karena itulah, di Bali juga terdapat sejumlah atraksi turis berupa destinasi fauna yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di mana sajakah itu?

Destinasi Safari Paling Asyik di Bali

Bali Safari and Marine Park

Destinasi yang satu ini juga populer dengan sebutan Taman Safari Bali. Tempat ini sendiri masih menjadi bagian dari Taman Safari Indonesia yang selama hampir 20 tahun ini, bertanggung jawab mengelola hewan liar.

Kita dapat menyaksikan kehidupan berbagai satwa liar seakan mereka berada di habitat aslinya. Setidaknya, di Taman Safari Bali terdapat kurang lebih 60 spesies serta 400 ekor satwa langka asal Indonesia, India, dan Afrika.

Adapun satwa langka yang berasal dari Indonesia di antaranya adalah burung hantu, jalak putih, tapir, buaya, babi rusa dan harimau Sumatera. Tidak hanya hewan-hewan saja yang dapat kita nikmati di sini. Namun, termasuk pemandangan alamnya, karena dibuat nyaris sama dengan habitat asli hewan-hewan penghuninya.

Bali Zoo

Bali Zoo merupakan kebun binatang yang terletak di Kabupaten Gianyar. Luasnya kurang lebih 12 hektar dengan dihuni beraneka ragam satwa yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Setidaknya, ada 100 spesies langka, yakni mamalia, burung, dan reptil.

Hewan-hewan yang terdapat di kebun binatang ini merupakan spesies yang memang hampir punah. Contohnya seperti mamalia berupa primata, rusa, harimau Sumatera, dan kanguru. Ada pula hewan buas, di antaranya seperti harimau, singa, buaya, ular.

Sementara, ada banyak juga jenis burung yang bisa kita lihat, seperti salah satunya spesies burung jalak Bali yang terancam punah. Area wisata di sini luas, serta terjangkau untuk tiket masuknya, sehingga membuat Anda merasa nyaman dan betah.

Taro Elephant Safari Park

Selain Bali Safari and Marine Park, Anda juga bisa berkunjung ke Taro Elephant Safari Park di Ubud. Di sini, Anda dapat berinteraksi dengan gajah. Sangat cocok juga untuk dijadikan destinasi liburan anak-anak. Mereka bisa berpetualang seru bersama gajah.

Di samping berjumpa dengan gajah, alam desa Taro yang hijau serta kesegaran udaranya akan menambah keasyikan pengalaman menunggangi gajah. Anda dan anak-anak juga boleh memberi makan gajah, terutama bayi gajah. Tempat ini juga dekat dengan wisata Tegalalang yang terkenal dengan keindahan terasering sawahnya.

Tempat Penangkaran Hewan Jenis Khusus di Bali

Bali Bird Park

Nah, kebun binatang ini merupakan tempat penangkaran yang dihuni khusus oleh spesies burung saja. Lokasi Bali Bird Park berada di Singapadu, Gianyar dengan luas kurang lebih 2 hektar. Di taman burung ini terdapat sekitar 1.000 jenis burung yang berasal dari 250 spesies.

Bali Bird Park menjadi rumah bagi burung-burung yang berasal dari Indonesia, Amerika Selatan, dan Afrika. Ada pula salah satu jenis burung asal Bali yang sudah sangat langka, yaitu burung jalak Bali. Di sini, Anda tidak hanya dapat melihat burung saja.

Untuk edukasi yang menambah wawasan, Anda juga dapat menyaksikan proses pengembangbiakan burung di sini. Selain burung, terdapat pula hampir 2.000 jenis tanaman tropis yang tersebar di seluruh kawasan taman. Jadi bisa menikmati alam sambil belajar, nih.

Bali Butterfly Park

Destinasi yang satu ini juga populer dengan sebutan Taman kupu-Kupu Bali. Taman yang berlokasi di Wanasari, Tabanan, ini adalah tempat pelestarian kupu-kupu. Kita mengenal kupu-kupu sebagai hewan dengan sayap berwarna-warni indah.

Namun sayang, karena adanya pertumbuhan di kota-kota besar menjadikan spesies kupu-kupu semakin langka saja. Untuk melestarikannya, kupu-kupu tersebut dilindungi dalam tempat penangkaran yang memiliki jaring-jaring di sekelilingnya.

Tujuan kupu-kupu tersebut ditangkar yakni agar mereka dapat hidup dengan baik serta berkembang biak. Tidak hanya kupu-kupu saja, tetapi di taman ini kita dapat pula melihat serangga, kumbang, kalajengking, hingga tarantula.

Pulau Penyu

Pulau Penyu juga dinamakan Turtle Island. Jadi, tempat ini merupakan lokasi penangkaran satwa penyu yang sekarang sudah semakin langka. Kalau Anda ingin menuju ke pulau ini, maka gunakan glass bottom boat yang sudah disediakan oleh watersport Tanjung Benoa.

Nanti, selama perjalanan Anda bisa menyaksikan pemandangan laut yang sangat indah. Anda bisa melihatnya dengan sangat jelas karena kapal yang dipakai, pada bagian bawahnya menggunakan kaca tembus pandang.

Sesampainya di Pulau Penyu, Anda akan menjumpai berbagai satwa langka sekaligus unik, seperti penyu, ular, iguana, monyet, burung, dan kelelawar. Akan ada tim pemandu lokal yang memberikan penjelasan kepada Anda. Anda pun dapat belajar tentang proses pengembangbiakan penyu serta kehidupan mereka di alam lepas.

Click to rate this post!
(1 suara)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x