5 Ide Wisata Budaya di Bali yang Membuat Kamu Makin Cinta Indonesia

Bukan menjadi rahasia lagi apabila Indonesia terkenal dengan ragam budayanya yang mempesona. Dari Sabang hingga Merauke semua telah tersentuh oleh kekayaan budaya. Untuk itulah Indonesia turut menjadi sorotan dunia dengan keanekaragaman budaya yang dimilikinya. Hal inilah yang tentunya harus dijaga dan dilestarikan senantiasa sehingga bisa bertahan hingga ke generasi berikutnya.

Salah satu upaya melestarikan budaya yang ada ialah dengan wisata. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa budaya begitu apik jika dijadikan lokasi wisata. Banyak nilai-nilai luhur yang akan tercipta. Selain itu akan menambah ilmu pengetahuan dan kecintaan terhadap negeri sendiri. Semakin mengenal maka semakin cinta dengan budaya yang ada. Jelas demikian akan menambah kecintaan kepada Indonesia.

Beragam Destinasi Wisata Budaya di Bali

Pura Goa Lawah

Adapun lokasi pertama yang bisa dikunjungi adalah Pura Goa Lawah. Pura ini menjadi satu dari sembilan pura suci yang ada di Bali. Selain itu, ada ribuan kelelawar yang ada di tempat ini. Seba itulah mengapa namanya dijadikan lawa yang artinya tidak lain adalah kelelawar. Adapun kepercayaan yang berkembang ialah, goa ini dihuni oleh naga raksasa bernama Vasuki. Ia bersembunyi disana.

Berdasarkan sejarah yang ada di Bali, Goa Lawah ini sudah ada sejak seribu tahun yang lalu. Pura ini sendiri dibangun oleh Mpu Kuturan. Ekplorasi terhadap goa ini juga tidak pernah. Dipercayai bahwa ujung goa adalah gunung agung. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke tempat ini sekalian singgah di pantai Kusamba yang ada di seberang gua.

Museum Semarajaya

Bicara mengenai museum tentu bicara mengenai wisata yang menawarkan beragam koleksi menarik yang bisa menambah pengetahuan. Lokasi Museum ini ada di Kertha Gosa dan Taman Gili. Diketahui bahwa dulunya lokasi ini merupakan sekolah pada masa Belanda. Jadi, sekarang sudah dijadikan sebagai Museum yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan baik itu dari dalam maupun luar negeri.

Para wisatawan bisa melihat benda maupun produk budaya asli Bali yang ada di dalam museum. Bukan hanya itu, terdapat benda-benda peninggalan prasejarah yang ada di dalam museum. Sebagian besar benda yang ada di museum digunakan saat perang Pulutan Klungkung. Museum ini telah resmi pada tahun 1992 yang lalu oleh Menteri dalam Negeri RI. Jika ingin beristirahat, wisatawan bisa bersantai di pelataran museum yang begitu asri.

Kertha Gosa

Selanjutnya adalah Kertha Gosa. Destinasi wisata yang satu ini merupakan warisan budaya yang sangat terjaga di Bali. Adapun pembangunannya sudah ada sejak tahun 1686. Pada awalnya, lokasi ini digunakan sebagai tempat diskusi para petinggi kerajaan yang akan membahas keadaan masyarakat Bali waktu itu. Untuk pembangunannya sendiri memang diprakarsai oleh Ida I  Dewa Agung Jambe.

Bukan hanya itu, karena di tempat ini para wisatawan juga bisa melihat bangunan dengan arsitektur khas Bali. Karya hasil lukisan juga ada disana. Lokasi ini juga menjadi destinasi murah meriah dan bisa diakses oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jadi, apabila ingin menjadikannya sebagai destinasi wisata keluarga tentu saja akan sangat cocok.

Bedugul

Masuk ke destinasi wisata budaya berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Bedugul. Lokasi ini juga menjadi lokasi yang paling sering mendapat kunjungan dari para wisatawan. Lokasinya berada di daerah pegunungan, sehingga udara dan hawa yang terpancar adalah nuansa asri nan sejuk. Jelas saja ini membuat para wisatawan semakin tertarik dan merasa segar saat menikmati pemandangan.

Melihat pemandangan hijau yang begitu asri sekaligus wisata budaya yang disuguhkan tentu saja menjadi suatu hal yang sayang apabila dilewatkan. Di lokasi wisata juga terdapat daratan yang luas dan juga danau. Perpaduan keduanya tentu akan sangat memanjakan mata para wisatawan yang datang kesana. Membawa turut serta keluarga ke destinasi wisata ini tentu saja bisa dilakukan.

Tulamben

Berikutnya bisa berkunjung ke Tulamben yang merupakan sebuah desa nelayan kecil. Posisinya ada di timur laut Bali. Desa ini sendiri akhirnya berubah menjadi tempat paling bagus untuk diving dan scuba. Dan ternyata hal demikian sudah ada sejak enam puluh tahun yang lalu. Suatu hal yang sangat menakjubkan tentunya. Untuk namanya sendiri, lokasi ini diambil dari nama desa  nelayan kecil.

Adapun posisi desa yang bersangkutan ada di timur laut daerah Bali. Berbagai keanekaragaman hayati dan biota laut yang menakjubkan sudah siap memanjakan para wisatawan yang ada disana. Kegiatan wisata yang dilakukan terasa sangat menyenangkan dan tentunya berkesan. Sekaligus juga bisa menikmati keindahan budaya yang ada di Bali dan sekitarnya.

Pura Tanah Lot Wisata budaya berikutnya ialah Pura Tanah Lot yang menjadi wisata budaya populer yang tetap ada hingga saat ini. Selalu ramai oleh kunjungan, naik itu dalam negeri maupun mancanegara. Jelas saja ini menandakan bahwa Pura Tanah Lot begitu menarik untuk dijadikan sebagai lokasi wisata Bali. Terdapat dua buah pura disana yang berbatasan langsung dengan laut. Biasanya dijadikan tempat pemujaan.

Click to rate this post!
(0 suara)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.