Baru Pertama Kali Berlibur ke Bali? Jangan Khawatir, Ikuti Tips Berikut Ini

Bali merupakan destinasi wisata terkenal di Indonesia bagi turis lokal maupun asing. Pertama kali berlibur ke Bali mungkin sedikit membingungkan bagi sebagian orang khususnya dalam hal perencanaan liburan. Anda tidak perlu takut dan khawatir hanya sekadar merencanakan berlibur di Pulau Dewata Bali. Simak panduan singkat berlibur ke Bali berikut ini.

Baru Pertama Kali Berlibur ke Bali? Jangan Khawatir, Ikuti Tips Berikut Ini 1

Pilihan 6 Destinasi Wisata Pulau Dewata Bali

  1. Pantai

Anda harus menentukan terlebih dahulu destinasi liburan Anda di Pulau Dewata. Bali sangat terkenal dengan belasan pantai yang tersebar luas. Bila Anda ingin berenang, surfing, atau hanya sekadar bermain pasir dan air maka pantai adalah pilihan terbaik. Beberapa yang terkenal yaitu Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, Pantai Jimbaran, Pantai Pandawa, Pantai Sanur, Pantai Dreamland, Pantai Lovina, Pantai Tanjung Benoa, dan lain sebagainya.

  1. Seni dan Budaya

Selain pantai dan keindahan alam, Bali juga terkenal erat dengan kebudayaan Indonesia. Anda dapat memilih berkunjung ke pusat-pusat seni dan budaya di Pulau Dewata Bali. Tempat-tempat yang bisa Anda kunjungi yaitu Pura Ulun Danu Bratan, Tirta Empul,  Luhur Uluwatu, Taman Ayun, Luhur Batukaru, Candi Gunung Kawi, Pura Besakih, Tirtagangga, Mandala Wenara Wana, dan lain sebagainya.

  1. Museum

Pergi berwisata ke museum bukanlah suatu ide yang buruk karena Anda dapat belajar mengenai ilmu sejarah yang ada di museum. Anda dapat menjadikan liburan sebagai momen belajar bersama keluarga. Contoh destinasi wisata museum di Bali yaitu Blanco Renaissance, Dream Museum Zone, 3D Museum I AM BALI, Nyoman Gunarsa, Geopark Batur, Rumah Topeng Wayang, dan lain sebagainya.

  1. Aktivitas Outdoor

Bagi Anda pecinta Alam maka Bali merupakan destinasi liburan yang bagus untuk dicoba. Bagi Anda yang suka mendaki maka Anda bisa mengunjungi Gunung Batur dan Gunung Agung. Wisata air lainnya yaitu Air Terjun Nungnung, Gitgit, Tukad Cepung, dan Aling-aling. Anda bisa mengunjungi danau Tamblingan, Bratan, dan Batur. Anda juga jangan melewatkan wisata edukasi Bali yaitu Bali Zoo, Bali Safari Park, dan Taman Burung. Cek harga tiket Bali safari Park

  1. Taman Hiburan

Bila Anda bosan dengan destinasi wisata Bali pada umumnya maka cobalah mengunjungi taman hiburan yang terkenal di Pulau Dewata Bali yaitu Waterbom Bali Indonesia, Cicus Waterpark Kuta, Spalsh Waterpark Bali, CitraLand Waterpark, Alamandoe Waterpark, Gran Surya Waterpark, Taman Segara Madu Waterpark, Watersport Tanjung Benoa, dan Nirmala Waterpark. Cek: Harga watersport Tanjung Benoa

  1. Pasar Seni Tradisional

Destinasi wisata Bali terakhir yang perlu Anda catat adalah pasar seni tradisional. Anda dapat membeli berbagai macam oleh-oleh khas Bali di pasar seni tradisional. Pasar Seni tradisional Bali yang terkenal yaitu Sukawati, Ubud, Badung, Kumbasari, Sindu, Klungkung, Guwang, dan Legian. Anda harus pandai tawar menawar agar mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang murah.

Tips Perencanaan Liburan ke Bali

Pilih Waktu Terbaik

Jangan berlibur ketika musim hujan atau liburan panjang nasional seperti tahun baru, liburan sekolah, dan liburan warga asing. Anda tentunya ingin berwisata dengan tenang tanpa harus berdesak-desakan dengan turis lain. Bila salah memilih waktu maka Anda akan menjumpai kemacetan penuh di jalan raya serta peningkatan tarif wisata maupun harga oleh-oleh di pasaran.

Memilih Kawasan Penginapan

Setelah Anda menetapkan destinasi wisata maka selanjutnya Anda harus mencari penginapan yang dekat dengan kawasan tempa wisata yang dituju. Hal ini dilakukan agar Anda tidak terlalu mengeluarkan uang berlebih untuk sampai ke lokasi wisata. Usahakan mencari penginapan yang jauh dari keramaian agar Anda dapat beristirahat dengan tenang setelah berkunjung dari tempat wisata.

Transportasi

Anda tidak dapat menghindari kemacetan jalan raya di Bali. Bila Anda pergi ke Bali sendirian maka cobalah untuk menyewa sepeda motor agar dapat menembus kemacetan di Bali. Bila Anda datang ke Bali bersama teman atau keluarga maka cobalah untuk menyewa mobil agar dapat memiliki kapasitas lebih. Anda juga dapat menyewa sopir sekaligus menjadi pemandu tur selama liburan di Bali.

Kuliner

Kuliner menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam perencanaan liburan di Bali. Anda harus mencari referensi makanan yang ingin Anda makan yaitu makanan lokal Indonesia, makanan asing, atau makanan khas Bali. Bagi Muslim perlu berhati-hati dengan restoran yang menjual daging babi atau anjing. Anda harus mengecek dan bertanya kepada penjual terlebih dahulu.

Adat Bali

Anda akan banyak menemui sesajen di Bali yaitu di jalan depan rumah, pertokoan, dan tempat wisata. Usahakan untuk tidak menginjak sesajen yang ditaruh warga setempat. Bila Anda tidak sengaja menginjak sesajen maka cukup berkata “Maaf” saja. Anda harus menghargai adat istiadat warga setempat.

Berbagai hal perlu Anda siapkan sebelum pergi berlibur ke Bali mulai dari memilih destinasi wisata, waktu liburan, penginapan, transportasi, dan kuliner. Anda juga perlu memperhatikan adat istiadat warga setempat agar liburan Anda berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan.

Click to rate this post!
(0 suara)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x