Ingin Bawa Oleh-oleh dari Bali? Yuk Mampir ke 9 Pasar Tradisional Pulau Dewata Berikut Ini

Heloo sobat pencinta watersport Bali. Pulang berlibur dari Pulau Dewata tidak lengkap rasanya bila tidak membawa buah tangan. Oleh-oleh yang Anda dapatkan di pulau ini bisa Anda berikan ke teman, sanak keluarga, dan di simpan sendiri di rumah. Berbagai macam jenis oleh-oleh dapat Anda dapatkan di pasar tradisonal mulai dari makanan, minuman, patung, lukisan, hingga kain batik.

Ingin Bawa Oleh-oleh dari Bali? Yuk Mampir ke 9 Pasar Tradisional Pulau Dewata Berikut Ini 1

Keberadaan pasar tradisional telah menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di suatu tempat. Pasar tradisional oleh-oleh Bali terkenal dengan proses tawar-menawar yang menyertai setiap transaksi di tempat ini. Banyak turis asing yang tidak segan untuk mampir ke pasar tradisional Bali. Berikut daftar 9 pasar tradisional Pulau Dewata Bali yang bisa Anda kunjungi.

9 Daftar Pasar Tradisional Pulau Dewata Bali

  1. Pasar Seni Sukawati, Gianyar

Pasar seni ini adalah pasar legendaris yang sangat terkenal di kalangan turis Bali lokal hingga mancanegara. Anda dapat menemui berbagai macam kerajinan tangan, pakaian, dan juga makanan khas Pulau Dewata Bali. Datanglah di pagi hari untuk mendapatkan harga produk murah. Hal ini merupakan kepercayaan pedagang bahwa pembeli pertama akan memberikan keberuntungan bagi penjual.

  1. Pasar Seni Kumbasari, Denpasar

Pasar oleh-oleh Bali ini cocok bagi Anda yang berada di daerah Pemecutan, Denpasar. Anda tidak perlu bingung kapan untuk berbelanja di tempat ini karena pasar seni ini buka selama 24 jam serta menjual lengkap berbagai kerajinan tangan oleh-oleh khas Bali. Anda hanya perlu sedikit mengeluarkan tenaga lebih untuk melakukan tawar menawar yang lumayan sulit di pasar seni ini.

  1. Pasar Seni Ubud, Gianyar

Selain Pasar Seni Sukawati, pasar seni Ubud juga terkenal di kalangan turis lokal dan mancanegara. Pasar oleh-oleh ini terkenal menjual lengkap souvenir atau kerajinan khas Bali. Pasar seni Ubud ini menjadi salah satu andalan tempat wisata untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan kerajinan tangan penduduk lokal. Anda dapat membeli beraneka ragam buah tangan dari tempat ini.

  1. Pasar Seni Klungkung, Semarapura

Bagi Anda yang ingin mencari buah tangan berupa kain dari Bali maka datanglah ke Pasar Seni Klungkung. Anda dapat menemukan beraneka ragam jenis kain khas Klungkung seperti contohnya kain Songket, Kain Endek, dan pakaian sembahyang. Tidak hanya jenis kain yang beraneka macam ditawarkan, Anda dapat memilih sesuai selera motif dan warna kain yang bermacam-macam.

  1. Pasar Seni Kuta

Bila Anda sedang berkunjung ke Pantai Kuta, tidak ada salahnya jika mampir sebentar ke Pasar Seni Kuta yang hanya berjarak beberapa ratus meter saja dari pantai. Di pasar seni ini Anda dapat menemukan berbagai kerajinan khas Bali berupa sarung, pakaian atau kain motif Bali, baju barong, lukisan, patung, dan barang seni menarik dan unik lainnya.   

  1. Pasar Seni Guwang, Gianyar

Pasar oleh-oleh tradisional ini lokasinya berdekatan dengan pasar Sukawati. Pasar ini tidak cukup terkenal seperti pasar Sukawati sehingga seringkali sepi pengunjung. Pasar ini terbilang baru didirikan dengan tujuan menampung pengunjung yang terlalu ramai di pasar Sukawati di saat-saat liburan. Pasar Seni Guwang ini beroperasi dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore.

  1. Pasar Badung, Denpasar

Pasar Badung cukup terkenal dengan harga produk yang murah bila dibandingkan dengan pasar-pasar yang lain. Masyarakat lokal Bali juga membeli barang-barang kebutuhan di Pasar Badung. Walaupun harga yang ditawarkan jauh lebih murah namun kualitas yang diberikan tetap setara dengan barang yang dijual di pasar-pasar Bali pada umumnya. Pasar ini buka dari pukul 6 pagi hingga pukul 12 malam dini hari.

  1. Pasar Sindu, Denpasar

Pasar ini memang kurang cocok bagi turis untuk berbelanja oleh-oleh karena pasar ini umumnya dikunjungi oleh masyarakat lokal Bali untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. Pasar ini beroperasi dari pukul 6 pagi hingga pukul 10 malam WITA. Penataan lapak pasar ini bisa dibilang bersih dan rapi sehingga tempat ini cocok bagi Anda yang ingin belanja bahan makanan khas Bali.

  1. Pasar Seni Mertanadi, Kuta

Pasar tradisional pulau dewata terakhir ini adalah Pasar Seni Mertanadi yang berlokasi di daerah Legian, Kuta. Anda cukup berjalan kaki selama 5 menit dari pantai Legian untuk sampai ke pasar oleh-oleh Bali ini. Anda bisa membeli berbagai souvenir berupa gantungan kunci, lukisan, patung, dan barang seni lainnya. Anda diminta untuk pintar dalam hal tawar menawar agar memperoleh harga yang diinginkan.

Buah tangan atau oleh-oleh merupakan barang yang sepatutnya dibeli ketika berada di tempat baru. Anda dapat membeli beraneka ragam buah tangan di pasar-pasar tradisional Bali. Oleh-oleh berupa kerajinan khas Bali ini bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan agar selalu mengingat keindahan dan keramahan Bali.

Click to rate this post!
(0 suara)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x