Manjakan Lidah Dengan Oleh-oleh Khas Bali yang Akan Membuat Ketagihan

Bali masih menjadi destinasi atau tujuan wisata favorit bagi banyak orang bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga yang berasal dari mancanegara. Serasa tak pernah ada habisnya menikmati pesona dan mengeksplorasi segala hal tentang Bali. Mulai dari tempat-tempat wisatanya yang diibaratkan seperti surga hingga oleh-oleh khas dari Pulau Dewata tersebut.

Pilihan untuk buah tangan atau oleh-oleh juga beragam apakah makanan atau yang lainnya semua bisa didapatkan dengan mudah. Yang tak boleh dilupakan saat datang kesana adalah belilah oleh-oleh makanan khas Bali yang bisa Anda bagikan kepada keluarga dan saudara nantinya. Mencicipi makanan khas Bali tanpa harus pergi kesana pastilah menjadi hal yang akan membuat orang lain merasa senang.

Anda tidak perlu bingung untuk memilih oleh-oleh makanan khas dari Bali apakah yang enak dan layak diberikan kepada sanak saudara dan sahabat karena tersedia banyak pilihan. Sebagai rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan nantinya kalau sedang berkunjung ke Pulau Bali, inilah daftar beberapa jenis makanan khas yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Jenis Oleh-Oleh Makanan Khas Bali yang Akan Membuat Ketagihan

Pie Susu

Anda bisa memberikan pie susu ini kepada teman atau saudara yang sangat menyukai jenis makanan manis. Perpaduan antara rasa susu yang gurih dan kelembutan kulit pie akan menjadi sesuatu sensasi yang sulit dilupakan di lidah. Pie susu ini bisa dengan mudah didapatkan di banyak toko oleh-oleh makanan khas Bali kekinian yang ada disana dengan harga terjangkau.

Pia Legong

Tidak begitu suka dengan rasa susu maka pia legong bisa menjadi alternatif oleh-oleh lainnya. Hampir mirip dengan bakpia patuk yang menjadi makanan khas dari Yogyakarta, pia legong juga dibuat dengan berbagai pilihan isian meskipun kacang hijau adalah favoritnya. Kulit dari pia legong memang sedikit lebih terasa lembut di lidah jika dibandingkan dengan bakpia dari Yogyakarta.

Salak Bali

Ini mungkin adalah oleh-oleh makanan dari Bali yang paling banyak dikenal dan juga paling sering dibeli. Ya, siapa yang tidak mengenal manisnya salak bali sehingga meskipun buah tersebut bisa ditemui di daerah lain tetapi yang berasal dari Bali dianggap paling enak. Hanya saja Anda harus lebih teliti dalam memilih saat membelinya agar tidak menjadi busuk ketika sampai di rumah.

Kacang Bali

Kalau dilihat sekilas cemilan dari Bali ini sama dengan kacang bawang biasanya. Hanya saja kalau diperhatikan dengan baik maka akan terlihat bahwa kacang bali memiliki ukuran yang lebih besar dari kacang pada umumnya yang biasa ditemui di Pulau Jawa sebagai kacang bawang. Meskipun ukurannya besar tetapi kacang ini memiliki tekstur yang empuk dan renyah.

Kacang Disko

Masih olahan kacang tetapi kali ini dengan rasa dan nama yang berbeda. Disebut dengan kacang disko yang dimasak dengan cara diberikan tepung sebagai balutannya.

Mirip dengan kacang telur tetapi rasanya gurih karena memang pada tepungnya telah diberikan bumbu-bumbu khusus. Cocok sebagai oleh-oleh bagi mereka yang tidak suka dengan makanan manis. Kacang disko memiliki beberapa varian rasa seperti barbeque, jagung manis, keju dan lainnya.

Keripik Ceker Ayam

Keripik ceker ayam memang bisa ditemukan di wilayah Surakarta dan sekitarnya tetapi di Bali Anda juga bisa menjumpai makanan ini. Buat teman atau sahabat yang hobi ngemil makanan dengan citarasa renyah dan gurih maka keripik ceker ayam adalah pilihan oleh-oleh yang tepat. Tidak hanya cukup makan satu saja tetapi akan selalu ingin nambah dan nambah lagi kalau sudah merasakan keripik ceker tersebut.

Kopi Kintamani

Daerah Kintamani ternyata bukan hanya menyimpan keindahan dan eksotisme pemandangan alamnya saja tetapi juga ada yang lainnya. Daerah dimana Gunung Batur dan Danau Batur berada tersebut nyatanya memiliki jenis kopi dengan kenikmatan yang tinggi. Bagi Anda yang hobi ngopi-ngopi di kafe pastinya sudah tidak asing dengan nama Kopi Kintamani.

Jika di kafe Anda harus membayar mahal hanya untuk satu cangkir saja maka selagi ke Bali mengapa tidak membeli kopi tersebut dalam jumlah banyak sekaligus bisa untuk oleh-oleh. Ini akan menjadi jenis oleh-oleh khas Bali yang paling enak bagi mereka. Keunikan dari Kopi Kintamani adalah rasanya yang seperti buah jeruk yaitu agak masam dan aromanya memang mirip dengan buah berwarna oranye tersebut.

Brem Bali

Ini adalah jenis minuman khas Bali yang juga bisa Anda jadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh bagi sanak saudara di rumah. Meskipun namanya brem tetapi jangan sampai terkecoh karena bentuknya bukanlah padatan seperti yang ada di Madiun ataupun Solo.

Yang ini adalah minuman tradisional dari Bali dengan rasa yang eksotis, terbuat dari hasil fermentasi ketan putih dan hitam. Kurang lebih mungkin rasanya mirip dengan tape ketan di daerah Jawa.

Click to rate this post!
(1 suara)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.