Suka Naik Gunung? Berikut 5 Wisata Alam di Bali

Bali memang surganya tempat wisata, tidak hanya pantai dan candi-candi saja. Tapi banyak wisata alam yang dapat dikunjungi seperti gunung dan menjadi tempat clubbing favorit.

Ada sederet nama gunung yang biasa didatangi banyak wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan atau tour. Gunung sendiri termasuk tempat yang menarik, terutama untuk tujuan wisata.

Masing-masing gunung juga memiliki karakteristik serta keindahannya yang unik. Tidak sedikit juga orang-orang yang suka berwisata ke gunung dan pegunungan. Baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Alasannya juga bermacam-macam setiap orang.

Berikut 5 Tempat Wisata Gunung di Bali

Gunung Batur

Gunung Batur berada di Desa Kintamani, dengan ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut dan menjadi gunung yang paling terkenal di Bali. Saat menuju gunung tersebut, di sepanjang jalan raya Anda dapat menikmati pemandangan serba biru kehijauan yang indah.

Pemandangan ini dapat dilihat dari ketinggian ratusan meter di atas permukaan laut. Banyak deretan restoran yang menyajikan prasmanan dan berada di sepanjang jalan. Anda juga dapat menikmati sunrise di Desa Pinggan jika berangkat dini hari.

Bisa turun menyeberangi danau menggunakan prahu, melihat makam keramat dan usahakan untuk pulang sebelum malam karena ada kabut tebal. Jangan lupa juga untuk berendam air hangat di danau Batur dan mengunjungi desa Trunyan yang sangat terkenal dengan budayanya.

Jalurnya dapat ditempuh dari Pura Jati yang Tingginya 1.100 mdpl dan melalui Toya Bungkah 1.180 mdpl. Pada titik tertentu, Anda juga aka menemukan jalur yang sudah diaspal, jadi akan sangat memudahkan untuk mencapai puncak.

Gunung Abang

Gunung Abang di Bali termasuk gunung yang ada bersebelahan dengan gunung Batur. Letaknya di Desa Kintamani dan termasuk gunung tertinggi ketiga di pulau Bali. Ketiga setelah Gunung Agung dan Gunung Batukaru.

Tinggi gunung Abang mencapai 2.252 mdpl dan telah menjadi favorit para pendaki gunung. Jadi Anda bisa memulai mendaki dari Desa Suter yang berada di selatan Desa Kintamani.

Letaknya persis di atas pemukiman masyarakat desa Trunyan dan menjadi salah satu gunung yang sangat layak diuji jika Anda merupakan pendaki gunung. Sejarahnya sendiri menguak masa lalu dari masyarakat Bali yang masih berhubungan erat dengan Kerajaan Majapahit.

Anda akan dimanjakan dengan sederetan pura dari masyarakat asli Bali, Bali Aga. Karena sampai saat ini masih ada cukup banyak pura yang belum terjamah oleh wisatawan dan Anda masih dapat merasakan keasrian alamnya.

Gunung Agung

Gunung Agung memiliki ketinggian mencapai 3.031 mdpl dan menjadi gunung paling tinggi di Bali. Terdapat kawah stratovolkano yang masih aktif dan mengeluarkan asap serta uap air.

Jika Anda berniat untuk mendaki di gunung Agung, jarak yang di tempuh mencapai 4 jam sampai 6 jam. Ada 3 titik awal yang bisa dicoba, mulai dari Kecamatan Selat di bagian selatan, Budakeling di Tenggara dan Besakih di Barat Daya.

Bagi yang ingin mendaki juga harus memperhatikan peraturan yang ada di gunung tersebut. Karena gunung Agung ini termasuk gunung suci bagi umat Hindu dan hindari membawa bekal dari bahan daging sapi. Dipercaya dengan adanya istana dewata di dalam gunung dan menjadi tempat untuk bersemayam para dewa.

Gunung Batukaru

Gunung Batukaru menjadi gunung tertinggi kedua di Bali. Ketinggiannya mencapai 2276 meter di atas permukaan laut. Banyak hal menarik di wilayah gunung tersebut dan dapat dinikmati para wisatawan.

Kawasan ini termasuk penadah hujan dan hulu. Sebagian besar sungai di Bali Tengah juga termasuk kawasan konservasi Cagar Alam Batukaru. Selain itu untuk menapai puncak, wisatawan akan melihat Pura Puncak Kedaton yang menjadi pura paling tinggi di Bali.

Memiliki keunikan gunung dengan kawah dalam bentuk seperti batok terbalik. Jika Anda ingin menuju gunung tersebut, akan melewati kawasan Bedugul yang masih dalam wilayah Tabanan.

Sedangkan untuk sampai pucak, waktu yang dibutuhkan 3 jam sampai4 jam. Terdapat 3 jalur yang tersedia, mulai dari Desa Jatiluwih yang tingginya 840 mdpl, Pura Batukaru 835 mdpl dan Desa Pujungan di sisi barat laut 1.090 mdpl.

Gunung Mangu

Gunung Mangu masih berada di daerah Bedugul, dikelilingi dengan Danau Beratan dan Danau Buyan. Ada beberapa hal yang menarik di gunung tersebut, karena letaknya di tengah sirkum pegunungan Bali. Jadi wisatawan dapat melihat seluruh puncak gunung di Bali.

Anda juga akan mendapat hadiah istimewa jika sampai puncak gunung, hadiah tersebut dengan melihat pura indah berupa Pura Puncak Mangu. di Pura tersebut terdapat nilai sejarah Raja Kerajaan Mengwi. Waktu yang dibutuhkan 2.5 jam untuk mencapai titik paling tinggi jika melewati jalan rimba dan jalur pendakian berdasar tanah. Tapi ada juga beberapa jalur yang mudah di lewati selama 45 menit dan sudah berupa jalan semen.

Click to rate this post!
(0 suara)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.